Senin, 09 Januari 2023

Destinasi Wisata di Sabang Aceh yang Wajib Dikunjungi

Sabang Aceh

Kalian pasti familiar dengan daerah Sabang. Dari dulu salah satu lagu yang sering dinyanyikan saat sekolah adalah lagu Dari Sabang Sampai Merauke yang terngiang-ngiang terus karena menggambarkan Indonesia yang memiliki ribuan pulau yang sambung menyambung menjadi satu. Daerah Sabang juga makin dikenal berkat jingle lagu mie kebanggaan Indonesia yang sudah mendunia yakni Indomie. Di jingle Indomie terdapat kata Sabang dan Merauke seperti ini.... 

Dari Sabang sampai Merauke

Dari Miangas sampai Pulau Rote

Indonesia tanah airku

Indomie seleraku

Tapi ini bukan dalam rangka mengenalkan Indomie loh ha ha ha. 

Sabang. Apakah kalian tahu di provinsi mana letak daerah Sabang? Atau berada di gugusan pulau mana daerah Sabang? 

Sabang adalah salah satu daerah yang terletak di Nanggroe Aceh Darussalam. Berada di Pulau Weh yang merupakan salah satu pulau yang terletak paling barat di Indonesia. Menuju Sabang kalian bisa menempuh dengan kapal dari Banda Aceh. Sekitar satu jam dengan kapal cepat dan sekitar dua sampai tiga jam dengan kapal feri. 

Pertanyaan berikutnya, apakah Pulau Weh ini berpenghuni? Ya, Sabang dan daerah-daerah lainnya di Pulau Weh ini juga berpenduduk seperti daerah lainnya tentunya dengan infrastruktur yang memadai. Tahun 2021 ke Sabang, jalanan sepanjang pulau terlihat baik dan mulus. Karena Sabang ini salah satu destinasi wisata di Aceh, jadi infrastruktur dari mulai jalanan, tempat menginap dan tempat makan, semuanya tersedia memadai sehingga tak perlu kelaparan atau kedinginan kalau liburan ke Sabang. 

Lantas tempat apa saja yang perlu dikunjungi ketika berada di Pulau Sabang? 

1. Tugu KM 0 Indonesia

Salah satu yang jadi tujuan utama ke Sabang Pulau Weh adalah singgah di titik nol kilometetIndonesia. Sebagai titik paling barat di Indonesia, KM 0 ini jadi tempat yang wajib dikunjungi. Pulau Weh yang bisa dikelilingi dalam waktu sehari memiliki jalan yang bagus dan mulus sehingga akses berpindah dari satu tempat ke tempat lain jadi lebih mudah termasuk ke Tugu KM 0 ini. 

Jalanan menuju Tugu Kilometer 0 ini lancar dan mudah sekali. Ke area ini, kita akan melewati pepohonan rindang yang masih banyak terdapat monyet-monyet yang suka berdiri di pinggir jalan. Sampai di area KM 0, pedagang-pedagang yang menjajakan pakaian dan oleh-oleh kjas Sabang sudah menanti. Jangan dilewatkan juga pedagang rujak Aceh yang siap dengan buah-buah segarnya serta buah rumbia yang unik. 

Di Tugu Kilometer 0 Indonesia ini kita bisa foto-foto kemudian membeli pakaian yang bertuliskan Sabang, menikmati pisang goreng kipas dan menikmati rujak Aceh yang menjadi pengalaman kuliner tersendiri. 

2. Gua Sarang 

Menuju Gua Sarang di Sabang, kalian harus memiliki badan yang kuat dan fit karena area yang dilewati cukup terjal dan bebatuan. Menuju ke Gua Sarang bisa dilanjutkan dengan menggunakan perahu. Namun berfoto di spot bebatuan dengan latar ombak berbuih putih dengan air laut berwarna toska sudah sangat cukup. 

3. Pulau Rubiah

Kalau menurut pahlawan, salah satu tempat snorkling terbaik ada di Sabang tepatnya di Pulau Rubiah. Di tepi pantainya saja ikan ikan sudah bermunculan dengan ruang gembira seolah menyambut kedatangan kami untuk snorkling. 

Peralatan snorkling yang sudah siap dan mie yang sudah disiapkan untuk makan ikan juga siap. Saat menyelam. Gerombolan ikan berkumpul. 

Yang aku suka snorkling di Pulau Rubiah ini masih benar-benar alami dan asri, di barat Indonesia dengan alam yang masih jauh dari polusi udara. 

4. RM. Kencana

Saat pertama kali menginjakkan kaki ke Sabang sesudah sejam lebih berlayar, sangatlah tepat ketika menikmati makan siang di RM Kencana. 

RM Kencana adalah rumah makan yang menghidangkan makanan khas Aceh dan padang. Untuk rasa udah deh menu makanannya lengkap, sayurannya melimpah dan banyak jenisnya. Untuk rasa, hidangan di RM Kencana ini enak mirip makanan rumahan yang bikin kangen untuk coba lagi. 

Kalau kalian berkunjung ke Sabang, ada baiknya kalian untuk singgah dan menikmati makanan di rumah makan ini. Mau prasmanan atau sistem diantar dengan ragam menikmati seperti di warung padang juga bisa. 

5. Kedai Kopi

Kalau ke Sabang Aceh, sebaiknya menikmati kopi dan singgah ke kedai-kedai kopi yang ada di Sabang. Salah satu kedai kopi yang pah lapah singgahi ketika ke Sabang adalah De Sagoe Platinum Kuphie.  Ada dua jenis kopi yang dihidangkan yakni kopi hitam dan kopi sanger  khas Aceh. Untuk harga, segelas kopi sanger yang saya pesan dihargai enam ribu rupiah. Worth it sekali! 

***

Kalau kalian punya kesempatan berlibur ke Aceh lalu mampir ke Sabang Aceh, ada baiknya kalian datangi tempat-tempat yang aku bahas di atas. Lets go jalan jalan! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...