Jumat, 06 Januari 2023

Makanan Yang Wajib Dicoba Kalau Ke Lampung

 

Tabikpun

Salah satu provinsi yang perlu kalian datangi saat liburan adalah Provinsi Lampung. Akses menuju Lampung pun tidak kalah mudah dengan akses menuju daerah-daerah di Pulau Jawa seperti Semarang, Yogyakarta, atau Surabaya. Menuju Lampung bisa melalui tol kemudian dilanjutkan dengan menaiki kapal laut penyeberangan dari Merak ke Bakauheni. Kemudian dari Bakauheni menuju Bandar Lampung yang merupakan ibukota Provinsi Lampung cukup melewati tol yang lancar dan memakan waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam. 

Di Bandar Lampung, banyak yang dapat dieksplorasi seperti museum, ragam kuliner dan tempat wisata. Untuk tempat wisata alam satu jam dari Bandar Lampung, banyak pantai-pantai yang bisa dieksplorasi. Untuk urusan hotel atau tempat belanja, tenang di Bandar Lampung juga ada. Jadi tak perlu khawatir! 

Okay, bicara soal kuliner. Lampung juga menyimpan aneka kekayaan kuliner yang bisa dinikmati saat berkunjung. Beberapa makanan memang khas dari Lampung namun beberapa makanan merupakan khas makanan dari daerah lain yang sudah disesuaikan dengan keadaan di Lampung. 

Nah, kalau kalian berkunjung ke Bandar Lampung, ada beberapa makanan yang wajib kalian coba. Apa sajakah itu? 

  • Seruit Lampung

Seruit Lampung merupakan makanan khas orang Lampung. Terdiri dari 3 elemen penting yakni sambal, ikan, dan lalap. Ketiga makanan ini bercampur jadi satu dan terbentuklah Seruit Lampung, sesederhana itu. 

Sambal yang digunakan untuk seruit biasanya adalah sambal terasi, ikan yang disajikan biasanya ikan bakar dengan tering yang dibakar atau digoreng. Lalapan lain sebagai pendukung bisa mentimun, daun singkong, kacang panjang, terung bulat, kemangi dan lalapan lainnya. 

Seruit Lampung disajikan dengan mencampur sambal dengan daging ikan bakar, daging terung bakar dan daging mentimun. Biasanya hidangan ini dimakan bersama-sama dalam satu keluarga. 

Kalau kalian sedang di Lampung, ada beberapa tempat makan di Bandar Lampung yang menyajikan Seruit Lampung. 

  • Pempek Lampung

Walau, pempek adalah makanan khas Palembang, namun jangan salah di Lampung juga ada pempek loh... 

Kalau kalian sempat menonton Tonight Show, tamu yang hadir adalah komika dari Lampung. Saat asyik berbincang, Vincent langsung nyeletuk kalau Pempek Lampung tiada duanya. 

Ada beberapa kedai pempek yang bisa kalian kunjungi seperti Pempek Tenda Biru, Pempek Nori dan Pempek 123.

  • Kerupuk Kemplang

Camilan satu ini sih udah legend jadi makanan favorit baik dimakan langsung di Lampung atau untuk dijadikan oleh-oleh. Kerupuk kemplang yang terbuat dari tepung tapioka dan ikan kemudian dipanggang dimakan dengan sambal memang tiada dua enaknya. 

Ada beberapa merk yang bisa kalian pilih. Tapi pada umumnya kerupuk kemplang yang enak terlihat dari kerupuknya yang terlihat padat dan berisi. Untuk sambalnya terlihat segar dan tercium bau sambal yang khas. Biasanya kerupuk kemplang yang berkualitas memiliki harga yang lumayan lebih tinggi. Jadi ada harga ya ada barang. 

  • Keripik Pisang Coklat

Camilan ini juga legend ya karena jadi makanan oleh-oleh khas dari Lampung. Keripik pisang yang terbuat dari pisang kepok yang dilumuri bubuk coklat. Kalau kalian berkunjung ke pusat oleh-oleh Lampung di daerah Teluk Betung, Bandar Lampung, kalian dapat dengan bebas memilih keripik pisang coklat dari segala merk. 

  • Mie Khodon

Mungkin baru kali pertama mendengar mie khodon. Di Bandar Lampung terdapat mie khodon yang buka sejak tahun 1960an. Buat kalian yang penasaran, ada beberapa kedai mie khodon yang bisa kalian coba seperti Mie Khodon di Teluk Betung Selatan, 

Jika ditelaah, mie khodon ini mirip dengan bakmi Jawa dan mie aceh. Kalian bisa pilih mie goreng atau yang berkuah. Yang membedakan dengan bakmie Jawa dan mie aceh adalah bahan mienya dan bumbunya. 

Nah itu dia makanan-makanan yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Lampung. Bagaimana menarik kan? Sudah saatnya liburan nanti kalian mengeksplorasi Lampung. Yuuuk! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...