Senin, 09 Januari 2023

Makanan yang Enak Dimakan Pakai Tangan

Makanan yang Nikmat Dimakan dengan Tangan

Tim Pakai Tangan mana nih? 

Kalau ngomongin soal makanan, pasti kita bicara soal cara makannya. Sebenarnya nggak banyak sih cara makan sebuah hidangan yang dimaksud. Bukan cara makan dengan teknik kayang, atau cara makan dengan teknik sikap lilin. Yang ada tumpah semua ha ha ha.... 

Menikmati sebuah hidangan bisa menggunakan tangan langsung atau dengan menggunakan sendok garpu. 

Nah kali ini pahlapah akan membahas makanan apa saja yang cocok dinikmati dengan menggunakan tangan.... 

  1. 1. Nasi Liwet

Siapa pencinta nasi liwet. Makanan yang satu ini enak dinikmati saat acara keluarga atau berkumpul bareng geng sahabat. Biasanya nih ya, nasi liwet dihidangkan dengan menggunakan daun pisang yang utuh dan dipasang memanjang. Satu daun pisang bisa ditempati sekitar empat orang. 

Nasi liwet biasanya dihidangkan bersama jengkol, ayam goreng atau ayam bakar, sambal, lalap seperti selada, mentimun dan daun poh pohan khas Sunda, tambahan lainnya yang nggak kalah nikmat adalah oncom leunca yang membuat hidangan nasi liwet semakin menggugah selera. 

Nasi liwet ini emang paling pas dimakan dengan tangan. Belum pernah lihat nasi liwet dinikmati dengan sendok garpu ala ala resto begitu. 

  1. 2. Seruit Lampung

Makanan khas Lampung ini paling top markotop dimakan bareng keluarga atau teman sejawat. Nasib hangat ditemani seruit yang terdiri dari sambal yang dicampur ikan, terung bakar dan mentimun. Memang tiada duanya. Sambal yang digunakan biasanya sambal terasi. 

Biasanya Seruit Lampung ini dihidangkan saat ada acara keluarga atau kumpul keluarga. Dulu ya, satu piring seruit dinikmati bersama-sama satu keluarga terutama kaum emak emak. Untung bapak-bapak, biasanya satu piring kecil seruit dinikmati sendiri. 

Kalau ada makanan yang bisa mempersatukan bangsa, Seruit Lampung ini bisa mempersatukan warga Lampung. 

  1. 3. Pecel Lele

Makan pecel lele emang paling pas kalau pakai tangan. No debat! Justru kalau makan pecel lele pakai sendok garpu ya kurang seru. Mungkin enggak sepemahaman dengan Chef Vindy Lee yang selalu tampil slay termasuk urusan makan. Tapi beneran deh makan pecel lele emang paling mantap pakai tangan. Dan “aturan” itu sudah tersirat dengan adanya kobokan yang sudah disediakan tukang pecel lele. Setuju nggak? 

Belum lagi makan pecel lele di kiosnya langsung sembari naikin satu kaki (jangan ditiru ya), maka nikmatnya bakal berkali kali lipat... Ha ha ha.... 

  1. 4. Makan Seafood

Makan mukbang seafood yang ditumpahkan di atas meja, kudu pakai tangan. Aneka seafood yang dihidangkan seperti lobster, kepiting, kerang, udang, cumi dengan bumbu yang dipilih paling sedap kalau pakai tangan, bumbu yang menyelinap di sela sela jari bisa dinikmati langsung sembari membersihkan tangan. Seru banget. Belum lagi menikmati daging seafood yang tidak seberapa di sel-sela cangkangnya. Kemudian disedot atau diseruput. Waduh, nikmatnya benar-benar juara enaknya.... 

  1. 5. Nasi Padang

Pernah ada video Tiktok yang menunjukkan orang makan nasi padang dengan sendok. Atau melihat bagaimana tutorial yang dihadirkan Chef Vindy Lee,  cara makan nasi padang dengan anggun dan tetap slay. Dan makan nasi padang itu diperagakan dengan menggunakan sendok. 

Padahal ya, salah satu kenikmatan makan nasi padang itu terletak pada cara makannya. Saat perut lapar, sebungkus nasi padang jadi tambah nikmat ketika menggunakan tangan. Belum lagi, bumbu-bumbu yang menempel di jari-jari tangan kemudian dimasukkan ke mulut perlahan-lahan dan satu per satu enaknya nagiiih. Ada yang pernah begitu nggak? 

#TimPakaiTangan

Tetap ya, walau 5 makanan di atas emang paling enak dimakan dengan tangan langsung. Untuk beberapa orang, sendok dan garpu tetap jadi andalan. Tapi bebas saja toh, karena mau jadi Tim Pakai Tangan atau Tim Pakai Sendok, setiap individu memiliki caranya masing-masing dalam menikmati sebuah hidangan. 

Kalau aku Tim Pakai Tangan, kalau kalian Tim apa nih? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...