Selasa, 17 Januari 2023

Mangut Lele Bu Is Yogyakarta Yang Unik dan Enak

Udara panas Yogya tidak menghentikan langkahku dan teman-teman untuk keliling Yogya. Menjelang siang kami bermaksud ke Bumi Langit di Bantul. Namun sebelumnya, kami mencoba salah satu kuliner khas Yogya atau Jawa di sekitaran Bantul yakni mangut lele. 

  • Mangut Lele Bu Is di Imogiri 

Mangut Lele Bu Is jadi pilihan kami. Saya nggak tahu mana mangut lele yang enak di Yogyakarta, berhubung kami mau menuju ke Bumi Langit di Imogiri. Salah satu teman yang asli orang Yogyakarta merekomendasikan Mangut Lele Bu Is yang letaknya memang searah dengan tujuan kami. 

Mangut Lele Bu Is merupakan tempat makan rumahan yang lokasinya di dalam rumah yang diset jadi tempat makan. Saat masuk ruang tamu dan teras sudah tersedia kursi dan meja untuk  makan para pengunjung. Ada meja dengan kaki  pendek yang dibuat untuk lesehan. Ada meja yang berkaki lebih tinggi untuk makan dengan kursi. Jangan berharap banyak untuk interior, karena Mangut Lele Bu Is berada di rumah jadi interior yang dihadirkan memang apa adanya. Tapi justru di situlah letak natural Mangut Lele Bu Is ini. 

Untuk memesan kami menuju belakang. Suasana kampung dapur jadi membuka kenangan lama di kampung halaman dulu. Benar benar masih tradisional yang mengagumkan, tungku dengan bahan bakar kayu,  rak piring yang terbuat dari kayu jadi pemandangan seru saat berkunjung ke Mangut Lele Bu Is. 

  • Mangut Lele dan Seabrek Sayuran

Kami memesan beberapa porsi mangut Lele kemudian memilih lesehan. Sembari menunggu kami sedikit membahas tempat makan ini. Bagi saya yang lahir dan dibesarkan dalam suasana kampung, menikmati hidangan di tempat seperti Mangut Lele Bu Is menjadi sesuatu yang ditunggu. Apalagi yang melayani adalah ibu paruh baya yang berwajah sejuk dengan senyum khas orang desa, senyum yang welcome terhadap semua tamu yang datang. 

Untuk minuman aku pesan teh manis. Untuk makanan pastinya Mangut Lele. Selang beberapa waktu, makanan yang ditunggu-tunggu datang. 

Alangkah kagetnya saya saat beberapa piring datang dan disajikan di atas meje. Nasi satu bakul, mangut lele dalam satu mangkok, yang bikin saya takjub adalah ragam lalapan yang dihadirkan sepiring timun, sepiring tauge tumis, sepiring daun singkong dan pepaya rebus, urap sayur/ terancam, sambal terasi, sepiring kenikir rebus, daun bluntah dan kemangi dan salah satu yang paling enak dan unik adalah sepiring cabai hijau tumis. Semuanya jadi hidangan lengkap yang unik dan enak.

Untuk makanan mangut lelenya enak dengan kuah yang gurih dan segar. Sambal terasinya juga mantap. Yang bikin unik dan jarang orang temukan adalah tumis cabe yang pedas. Semua berpadu ditambah dengan suasana rumahan khas Yogya yang bikin kangen untuk kembali lagi. 

  • Cocok Untuk Kaum Urban

Buat orang urban yang berjibaku dengan hidup perkotaan yang terlalu dinamis cocok sekali untuk menjelajah Yogya dan melipir ke rumah makan yang dibuat alami tanpa dibuat-buat untuk memenuhi kebutuhan sosial media. Makanan yang disajikan pun benar-benar makanan rumahan yang khas dengan pelayanan yang cepat serta harga yang terjangkau. Seporsi mangut Lele dengan seabrek lalapan tadi dihargai duapuluh lima ribu rupiah. Sungguh harga yang masih sangat sangat relevan untuk dinikmati. Apalagi selain makanan yang enak dan unik, suasana yang dihadirkan rumahan banget. Dan inilah yang membuat banyak pelancong merasa Yogyakarta adalah rumah kedua yang membuat rindu menggebu-gebu jika tak lama bertemu. 

Buat kalian yang sedang berlibur ke Yogyakarta, jangan cuma eksplorasi Malioboro. Banyak tempat di Yogyakarta yang bisa dieksplorasi termasuk daerah Bantul dan Imogiri. Banyak sekali hidden gem di pelosok-pelosok Yogyakarta yang unik dan enak termasuk Mangut Lele Bu Is. 

Perjalanan kami lanjutkan menuju ke Bumi Langit masih di daerah yang sana yakni Imogiri. Untuk cerita tentang Bumi Langit akan saya bahas di tulisan berikutnya ya. 

Mangut Lele Bu Is

Alamat:

Jl. Imogiri Barat No.12, Turi, Sumberagung, Kec. Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55781

Jam buka: Senin – Minggu Pukul 8:00 - 20:00.


1 komentar:

  1. Waaah kalo ke Jogja lagi aku datangin tempat ini mas. Mangut lele yg aku pernah coba di Jogja cuma mangut Mbah Marto, kalo baca tulisan ini, mangut Bu is berarti mirip dengan Mbah Marto yg konsepnya rumah. Kita makan ya di dalam rumah atau di teras atau di halaman. Dan bener sih, yg begitu sebenrnya menarik. Krn ga mungkin dijumpain di perkotaan 👍😄

    BalasHapus

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...