Kamis, 05 Januari 2023

Penuhi Asupan Vitamin Sea di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

"Pantai itu menyenangkan, sedangkan gunung itu menenangkan."

Siapa yang setuju dengan kutipan quotes di atas? Pantai dan laut itu menyenangkan sedangkan gunung itu menenangkan. Sebagai pecinta pantai dan laut, pergi ke pantai lantas memandang laut itu salah satu tempat liburan yang menyenangkan: main air, tempat yang luas, bunyi deburan pantai, angin yang bertiup sepoi-sepoi, pasir yang seakan memanggil-manggil kaki tak bersandal dan air laut yang turut berteriak untuk disinggahi. Rasanya ada kebebasan dan kelepasan beban yang benar-benar bebas. Yang benar-benar lepas.... 

Selain Vitamin A, Vitamin B ada juga Vitamin Sea yang diperlukan tubuh untuk menyegarkan segala-galanya, menyegarkan pikiran, tubuh, jiwa, raga dan hati. 

Buat kalian yang di Jabodetabek, salah satu pantai yang paling banyak dipilih adalah Pantai Ancol di bilangan Jakarta Utara. Kondisi Pantai Ancol yang kotor, banyak sampah dan ramai pengunjung perlu ditelaah lagi untuk mendapatkan asupan Vitamin Sea yang benar benar diperlukan tubuh. 

Masih di sekitaran Jakarta, salah satu pantai dan laut yang bisa jadi alternatif untuk memperoleh asupan Vitamin Sea adalah Kepulauan Seribu. Selain menikmati pantai, laut, di Kepulauan Seribu kita juga dapat staycation, menikmati kuliner di sana, dan bisa membeli hasil laut dari nelayan. 

Ada beberapa pulau yang dapat disinggahi untuk tinggal seperti Pulau Pramuka atau Pulau Pari. Setidaknya dua pulau ini pernah saya singgahi, tinggali dan eksplorasi. 

Di Pulau Pramuka, selain menginap, menikmati senja di pantai, kita juga dapat mengeksplore Taman Nasional Kepulauan Seribu,  di sini terdapat jembatan yang menghubungkan bibir pantai dengan laut. Di sini kalian bisa menikmati sunrise di Pantai Sunrise. 

Dulu kali pertama ke Pulau Pramuka, Pulau ini agak sedikit kotor dan dipenuhi sampah. Empat tahun berikutnya kembali saya berkunjung ke Pulau Pramuka, pulau ini sudah bebenah sedemikian rupa. Beberapa spot dibuat seapik mungkin dan layak untuk tempat liburan dan mengisi asupan Vitamin Sea.

Di Pulau Pramuka ada juga tempat pelestarian mangrove yang bisa jadi tambahan wawasan terkait tanaman mangrove. Adanya hutan bakau di area Taman Nasional Kepulauan Seribu membuat kita bisa belajar fungsi dari hutan ini dalam melindungi pulau. Di Pulau Pramuka terdapat juga penangkaran penyu sisik yang menjadi salah satu daya tarik di Pulau Pramuka ini. 

Untuk urusan menginap, di Pulau Pramuka banyak tempat menginap yang dapat disesuaikan dengan budget. Saat berkunjung dulu adalah kunjungan pendidikan, sehingga  saya menginap gratis di salah satu badan penelitian di Indonesia.

Kepulauan Seribu merupakan salah satu bagian daerah DKI Jakarta. Banyak yang enggak menyangka, tapi ketika datang ke Pulau Pramuka dan melihat plang bertuliskan Provinsi DKI Jakarta barulah paham kalau Kepulauan Seribu merupakan bagian dari DKI Jakarta.

Menempuh waktu sekitar 2-4 jam dari Angke, asupan Vitamin Sea yang melimpah bisa diperoleh di Pulau Pramuka. Oh ya, Pulau Pramuka ini merupakan pemukiman penduduk sehingga kita bisa melihat aktivitas penduduk lokal. Untuk fasilitas, di Pulau Pramuka ini terdapat rumah sakit, sekolah dan fasilitas lainnya. 

Jika ingin mengeksplorasi lebih jauh pulau di sekitar Pulau Pramuka, kalian bisa menyewa perahu untuk berkunjung ke pulau lain. Dulu, untuk snorkeling kami pergi ke Pulau Semak Daun. Sayang kelestarian biota di sekitar Pulau Semak Daun mulai terganggu. Mungkin akibat eksplorasi berlebih dari wisatawan yang berkunjung.

Tapi, untuk memenuhi asupan Vitamin Sea rasanya berkunjung dan mengeksplorasi Pulau Pramuka sudah sangat sangat cukup. Menikmati sunrise, menikmati senja dan sunset, berkeliling pulau, melihat sibuknya nelayan saat menurunkan hasil tangkapan ikan, melihat konservasi tanaman mangrove dan penyu, berkeliling ke hutan bakau. Pulau Pramuka sudah lebih dari cukup menyediakannya....

So, penuhi asupan Vitamin Sea mu di Pulau Pramuka!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...