Senin, 16 Januari 2023

Kuliner Wajib di Jalan Surya Kencana Bogor

  • Jalan Surya Kencana Bogor 

Kalau Yogyakarta punya Jalan Malioboro maka Bogor punya Jalan Surya Kencana. Meskipun sedikit berbeda tapi Jalan Malioboro maupun Jalan Surya Kencana sama sama ramai. Sama-sama banyak penjual makanan yang menjajakan baik di ruko-ruko yang mereka tempati maupun di depan ruko yang biasanya dijajakan penjual kecil. 

Sedikit berbeda dengan Malioboro, Surya Kencana Bogor jarang yang menjajakan oleh-oleh khas Bogor seperti pada Malioboro Yogyakarta. Untuk toko pakaian terdapat di pintu masuk depan vihara dan itu juga toko pakaian umum bukan toko yang menjual pakaian khas untuk oleh-oleh.

Selebihnya, toko-toko perabotan, eletronik dan beberapa toko grosir yang menjual sembako dan bahan pangan lain. Sebagai tempat Pecinan, Jalan Surya Kencana Bogor lebih dikenal sebagai salah satu tempat kuliner di Bogor. Perpaduan makanan yang merupakan pembauran makanan khas Indonesia dengan Pecinan membuat ragam kuliner di Surya Kencana cukup beragam.

Nah, jika kalian berkunjung ke Bogor, ada baiknya kalian mengunjungi Jalan Surya Kencana. Apa saja ya makanan yang perlu kalian coba kalau ke Jalan Surya Kencana?

 

  • Tauge Goreng

Salah satu makanan khas Bogor ini  merupakan campuran antara tauge, mie kuning, ketupat dan tahu yang dibumbui dengan bumbu tauco yang khas. Perpaduan bahan-bahan tersebut membuat hidangan ini wajib kalian coba, apalagi dinikmati dengan wadah beralaskan daun pisang sembari mengamati lalu lalang orang-orang yang berjalan di Surken ( Surya Kencana) jadi pengalaman seru dan menarik.


  • Soto Kuning Bogor

Salah satu kuliner yang wajib banget dicoba adalah soto kuning Bogor. Banyak tempat di Surken yang menjual soto kuning. Yang lumayan dikenal publik adalah Soto Kuning H. Yusuf.


  •  Bakso Bening

Bakso Bening adalah bakso dengan kuah bening tanpa ada tambahan sayuran, mie dan lainnya. Basko disajikan dalam kuah bening dengan taburan bawang goreng dan seledri. Walaupun hanya begitu penyajiannya, tapi dijamin rasa baksonya nagih dengan kuah yang gurih. 


  • Bir Pletok

Masih sekitaran Jalan Surken, kuliner unik yang perlu kalian coba dan rasakan adalah bir pletok. Ini bukan bir yang memabukkan ya, bir pletok merupakan campuran jahe, kayumanis dan gula merah karena berbuih dan mirip dengan bir sehingga dinamakan bir pletok.


  • Seupan Talas

Berada di depan Swalayan Grand, ada Seupan Talas Bogor yang enak dan banyak dicari pelancong maupun warga lokal. Seupan Talas adalah talas yang dikukus kemudian diberi kelapa. Rasa gurih dan manisnya kelapa berpadu dengan nikmatnya kukusan talas membuat Seupan Talas wajib dicoba!


  • Combro Gang Aut

Combro alias oncom dijero (di dalam) merupakan makanan khas Jawa Barat. Di Surken Bogor tepatnya di Gang Aut ada comro yang dikenal publik dan wajib dicoba jika kalian berkunjung ke Bogor.


  • Sate Cungkring 

Yang paling terkenal adalah Pak Jumat, ia menjual sate ini sejak tahun 1975. Sate Cungkring ini terdiri dari kikil, kulit, dampak dan urat sapi kemudian disajikan dalam potongan lontong dan siraman saus kacang yang gurih. Sepanjang kalian menyusuri Jalan Suryakencana Bogor, kalain akan menemukan sate Cungkring ini di pinggir jalan depan toko-toko.


Rata-rata penjual makanan tadi dibawa di gerobak-gerobak yang parkir depan toko di pinggir trotoar. Walaupun dibawa dalam gerobak-gerobak namun rasanya enak dan nikmat. Apalagi kalau makanan-makanan tersebut tidak ditemukan di daerah lain.

Nah itu tadi ya makanan yang wajib kalian coba kalau berkunjung ke Jalan Surya Kencana Bogor. Ada yang pernah berkunjung ke Surken lalu punya rekomendasi makanan lain? Komentar yuuk!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...