Sabtu, 14 Januari 2023

Makanan di Bogor Yang Wajib Dicoba Pelancong

Salah satu tempat yang dekat dengan Jakarta adalah Bogor. Banyak banget nih destinasi wisata yang bisa ditemukan di Bogor. Destinasi wisata urban, kalian bisa keliling Kota Bogor mulai dari Tugu Kujang kemudian lanjut ke arah Surya Kencana menikmati kuliner-kuliner yang melegenda di sana. Kemudian bisa melanjutkan ke beberapa museum di sekitar Kebun Raya Bogor, memberi makan rusa di sekitaran Istana Bogor. Bisa juga mengelilingi trotoar yang mengitari Kebun Raya Bogor. Menikmati kuliner di beberapa kafe atau resto terkenal di Bogor. Atau dapat juga berkunjung ke beberapa mall di Bogor. Itu buat kalian yang suka destinasi wisata urban.

Buat kalian yang suka alam, tenang Bogor juga menyediakan banyak spot alam yang keren. Ada beberapa curug atau air terjun di pinggiran Bogor seperti daerah Sentul pinggiran, daerah Puncak  dan daerah lainnya. Berkunjung ke kebun teh di Puncak Bogor, atau berkunjung ke kafe kafe yang menawarkan view alam yang indah.

Selain destinasi wisata urban dan alam, destinasi wisata kuliner di Kota Bogor juga patut untuk dicobain. Sebagai salah satu kota yang dekat dengan Jakarta dan juga dekat dengan daerah Jawa Barat lainnya seperti Sukabumi Cianjur. Kuliner Bogor semakin kaya dengan pengaruh kuliner luar daerah, pengaruh kuliner China dan Belanda.

Nah, jika kalian berkunjung ke Bogor. Apa saja ya makanan yang wajib kalian coba? Berikut rekomendasi Pahlapah….

  • 1. Mie Glosor Bogor

Mie Glosor yang merupakan makanan asli Sukabumi ini kini menjadi salah satu makanan tradisional Bogor. Entah bagaimana kejadiannya mie Glosor yang berasal dari Sukabumi jadi makanan khas Bogor. Seperti nasi Langgi yang sebenarnya berasal dari Jember namun kin nasi Langgi lebih dikenal sebagai nasi dari Solo.

Mie Glosor ini terbuat dari tepung tapioka dan pewarna kunyit. Buat kalian yang sedang diet gluten, mie Glosor ini cocok sekali jadi mkanan untuk diet. Menemukan mie Glosor di tempat makan sekarang ini agak agak susah. Biasanya mie Glosor disajikan untuk sarapan. Kemunculan mie Glosor akan merebak ketika bulan puasa tiba. Biasanya salah satu iftor takjil yang dijual di bulan Ramadhan adalan mie Glosor yang disajikan bersama gorengan dan sambal kacang.

  • 2. Tauge Goreng

Salah satu kuliner khas Bogor yang perlu kalian coba adalah tauge Goreng. Sajian yang terdiri dari mie kuning, tauge, tahu lalu dibumbui dengan saus tauce adalah sajian yang enak untuk dinikmati. 

Banyak tempat-tempat yang menjual tauge Goreng, di Bogor sendiri ada di depan Ngesti, di Pasar Bogor, di IPB Baranangsiang, di Jembatan Merah dan Bogor Permai. Soal mana yang paling enak, balik lagi makanan enak atau tidak tergantung selera dan keadaan perut yang sedang lapar-laparnya.

  • 3. Doclang

Makanan satu ini cukup banyak ditemui di Bogor. Terdiri dari ketupat, tahu lalu dibumbui kacang dan diberi sambal dan kerupuk menjadi menu sarapan yang bisa banget kalian coba kalau berkunjung di Bogor. Keberadaan doclang sangat gampang ditemui di pinggir jalan. Jujur, saya tidak menemukan tulang doclang di mall. Soal rasa, doclang ini enak dan mengenyangkan. Harganya yang relatif terjangkau juga aman untuk pelancong.

  • 4. Aseupan Talas

Sebagai salah satu daerah penghasil talas. Sangat mudah menemukan pedagang buah dan umbi dalam menjajakan talas. Salah satu makanan yang berasal dari talas adalah Seupan Talas. Umbi talas dipotong lalu dikukus dan diberi parutan kelapa. Rasa yang enak dari talas berpadu dengan parutan kelapa membuat menu Seupan Talas perlu sekali dicoba. Salah aatu tempat yang menjual Seupan Talas ini adalah Jalan Suryakencana Bogor.

  • 5. Dodongkal

Tren dodongkal di Bogor mulai kembali bergeliat. Banyak pedagang-pedagang dodongkal yang berjualan di pinggir jalan. Dodongkal adalah sejenis kue yang terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dikukus di wadah berbentuk kerucut. Sehingga dodongkal yang dihasilkan berbentuk kerucut. Soal rasa, perpaduan rasa tepung beras yang gurih dengan gula merah klop sekali. 

Demikian makanan di Bogor yang wajib kalian coba. Ada beberapa makanan lain yang juga bisa dicoba. Namun akan Pahlapah bahas di tulisan berikutnya. See ya!


1 komentar:

  1. Yg aku pernah coba cuma doclang dan taugo goreng 😅. Lainnya belum..

    Tapi memang Bogor itu surga kuliner sih mas. Aku Bbrp kali sengaja staycation di Bogor, hanya untuk wiskul doang. Dan tetep ga puaaas 😄😄. Terlalu banyak, dan terlalu enak 👍

    BalasHapus

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...