Senin, 02 Januari 2023

Apa Yang Enak Dinikmati Saat Hujan?

 

Dari penghujung Desember 2022 lalu beralih ke Januari 2023, hujan sepertinya bergelayut manja menemani aktivitas manusia dalam setiap perguliran waktu. Bayangin, saat dini hari sekitar pukul dua, kala terbangun sejenak dari tidur terdengarlah rintik rintik hujan yang awalnya hanya terdengar tik tik tik hingga berubah menjadi hujan deras. (Agak ngeri ketika hujan ditemani angin kencang, khawatir ada pohon yang ambruk atau jemuran yang susah kering jatuh bahkan terbawa angin).

Saat pagi hari, rupanya hujan masih setia menemani. Pagi hari pukul delapan seakan masih pukul enam pagi karena mentari pagi yang seharusnya menyebarkan sinarnya harus mengalah pada awan abu-abu yang siap menurunkan air hujan. Lantas beberapa waktu kemudian hujan turun. Lagi.

Jika hujan, salah satu yang membuat bahagia adalah main hujan-hujanan. Ya nggak? Pasti bakalan ingat kenangan masa kecil, saat hujan pasti hujan-hujanan. Tapi berhubung usia makin bertambah dan tinggal di pemukiman yang lumayan padat penduduknya. Kegiatan membahagiakan itu terjeda. Namun kita tidak akan tinggal diam, yang pasti dilakukan adalah mencari bentuk kebahagiaan lain saat hujan turun. Dan salah satu bentuk kebahagiaan itu adalah makan makanan yang pas dinikmati kala hujan turun.

Ada banyak makanan yang cocok dinikmati kala hujan. Apa saja ya? Setidaknya ada lima hidangan yang menurut saya cocok dinikmati saat hujan.

  • Bakso

Ini sih andalan segala kaum terutama kaum emak emak. Bakso adalah pelipur, di kala stress tatkala pekerjaan menumpuk bakso jadi pelarian. Begitu pun saat hujan turun, suasana dingin dan semangkok bakso adalah perpaduan yang cocok dan nikmat.

Kuah bakso yang hangat, ditambah sambal cabe yang pedas membuat bakso jadi incaran orang-orang untuk dinikmati di kala hujan turun. Pernah baca update seorang kawan, hujan dengan suasana dingin membuat tukang bakso laris manis dibuatnya. Salah satu keberkahan hujan....

  •  Gorengan (cabai rawit) dan segelas Teh Hangat 

Bagi saya, dua hidangan ini cocok banget dinikmati saat hujan turun. Sembari menonton serial komedi atau acara favorit, gorengan hangat dan segelas teh panas/hangat sudah mampu membuat kebahagiaan itu hadir.

Biasanya gorengan seperti singkong goreng, bakwan sayur atau bakwan jagung yang baru diangkat dari penggorengan. Ditambah dengan cabe rawit, aduh nikmatnya tiada tara.

  • Soto

Mirip dengan bakso, soto adalah makanan berkuah yang bisa menghangatkan tubuh di kala hujan turun. Ditambah irisan cabe rawit atau sambal membuat hidangan soto jadi salah satu hidangan favorit yang cocok dinikmati saat hujan. Barangkali hypenya tidak sekuat bakso, namun apa salahnya jika kita mencoba hidangan soto ini saat hujan.

Soto bening dengan kuah kaldu daging atau ayam bisa dicoba dibuat di rumah. Ditambah dengan irisan daun bawang dan seledri plus cabe rawit. Ah, surgaaaa....

  • Coklat Hangat

Buat yang nggak mau ribet, coklat hangat bisa jadi pilihan. Selain menghangatkan, coklat mampu menambah kadar kebahagiaan di tubuh kita. Sebagai teman minum coklat hangat, bisa ditemani cookies atau biskuit yang bisa ditemui di toko toko klontong atau minimarket.

  • Mie Rebus

Benar nggak sih, kalau Hujan = 1% kenangan, 99% inget mie rebus + telor+ cabe iris.

Dari semua hidangan, rasa-rasanya mie rebus ditambah telur ditambah irisan cabe rawit adalah perpaduan yang juara enaknya dinikmati saat hujan sembari merogoh kenangan kenangan indah. Entah itu kenangan indah masa kecil atau kenangan indah bareng mantan ha ha ha.

Kuah mie rebus dengan bumbu yang khas, ditambah gurihnya telur dan pedasnya cabe rawit lalu dinikmati saat hujan turun. Menjadi salah satu bentuk kebahagiaan yang tak terbantahkan. Setuju ya?

***

Hujan. Turun. Dingin. Makan.

Barangkali hujan yang turun sepanjang hari sedikit menghambat pekerjaan. Bikin baju basah saat pergi atau kembali  ke atau dari kantor, malas berkegiatan di luar rumah, buat baju susah kering selama berhari-hari. Namun jangan lupa tetap bahagia. Dan salah satu yang membuat bahagia itu adalah MAKAN.

Komentar yuk, makanan apa yang kalian favoritkan untuk dinikmati saat hujan turun...?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...