Selasa, 11 Januari 2022

Menjelajah Dunia

Wahai anak muda, segeralah mengepak tas dan jelajahi dunia, sebelum terlambat. Karena menurut survei, 75 persen orang di atas 35 tahun menyesal tidak sering liburan sewaktu muda.

 

Menjelajah dunia....

Rasanya mulai menuju usia seperti quote di atas, penyesalan akan urusan menjelajah mulai menyergap. Walau jujur ya, sebelum umur 35 tahun saya sudah menjelajah di berbagai tempat di Indonesia. Namun penyesalan yang mulai merasuk lebih ke kenapa tidak dari belia menjelah dan menanggalkan rasa takut.

Setelah lulus SMA dan merantau ke Kota Hujan untuk kuliah, hidup saya dipenuhi dengan belajar, berorganisasi. Keinginan menjelah belum ada sama sekali. Selain karena takut, saat itu uang bulanan yang dikirim orangtua pas sekali untuk makan.

Satu-satunya kesempatan menjelajah adalah saat melakukan field trip ke Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Saat itu, saya sempat ke Malioboro, Pantai Parangtritis, Semarang. Dan magang 4 bulan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Namun saat itu rasanya kurang puas karena menjelajah ya dibarengi dengan berkunjung ke beberapa tempat untuk belajar.

Setelah lulus dan mulai bekerja, saya nyaris tidak menjelajah. Setelah sekitar 3 tahun bekerja dan aktif ngeblog, saya mulai kembali mengikuti berbagai acara blogger di luar kota seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Solo, Malang, dan  Sidoarjo. 

Menjelajah kembali saya lakukan saat mengisi pelatihan ke daerah daerah dari sekolah tempat saya bekerja, saya menjelajah Nias, Medan, Belitung, Singkawang, Landak, Sambas, Sanggau Kalimantan Barat, Sumba NTT.

Karena sudah mulai percaya diri dan dapat menanggalkan ketakutan serta sudah mulai kuat secara finansial. Saya mulai berani untuk menjelajah meski kebanyakan dimulai di atas usia 30 tahun. Aceh, Padang, Bukittinggi, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, Toraja, Makassar, Nias, Kalimantan Barat, Medan sudah saya jelajahi. Namun rasanya masih menyesal karena memulainya tidak dari awal. Tidak merencanakan dari awal termasuk menjelajah ke luar negeri.

Balik lagi ke quote di awal," Wahai anak muda, segeralah mengepak tas dan jelajahi dunia, sebelum terlambat. Karena menurut survei, 75 persen orang di atas 35 tahun menyesal tidak sering liburan sewaktu muda." 

Sudah saatnya kalian menjelajah! Menjelajah Indonesia maupun menjelajah dunia.....


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...