Senin, 31 Januari 2022

Bakso Sony, Baksonya Orang Lampung


Bicara soal kuliner daerah, kayaknya emang nggak ada habisnya. Selain menghadirkan kuliner tradisional yang kaya akan keunikan dan kekhasan, setiap daerah juga menghadirkan kuliner umum yang bisa jadi primadona sebuah daerah.

Kuliner yang sempat heboh di tahun 2015an adalah kue kue artis yang menjadi oleh oleh khas sebuah daerah. Kue kue yang sekilas mirip dari kemasan, rasa dan pemasaran ini banyak diminati meski secara kekhasan, rasa dan kualitas masih jauh. Walhasil, kue kue artis yang bertebaran ini, kini hanya bertahan beberapa saja. Sisanya menghilang bahkan gulung tikar.

Entah terletak di mana salahnya, strategi kue kue artis ini seperti tidak bertaji menghadapi kuliner khas daerah setempat yang tak perlu kehebohan sesaat masih bertahan hingga kini.

Di Lampung kue Banana Foster milik Hengky Kurniawan sempat heboh sama halnya dengan kue kue artis di daerah lain. Sebagai orang Lampung yang berada di perantauan, saya pernah mencoba sekali kue ini. Kesan yang tidak membekas membuat saya tidak pernah membeli kue ini lagi. Meskipun Banana Foster masih bertahan namun euforianya tidak seheboh di awal 

Ngomongin soal kuliner khas Lampung yang bisa dijadikan oleh oleh tentu saja banyak. Keripik coklat, kopi Lampung, kemplang, bahkan pempek Lampung pun ada dan bisa dijadikan kuliner oleh oleh. 

Beberapa kuliner khas umum di Lampung yang hingga kini masih bertaji adalah bakso Sony. Ada lebih dari 5 gerai bakso Sony di Bandar Lampung, serta gerai-gerai lain. Kalau dibilang laris manis, setiap hari orang orang dari daerah Lampung maupun luar kota berdatangan untuk menikmati bakso legendaris ini.

Tidak banyak menu makanan yang ditawarkan di Bakso Sony, hanya bakso dan mie ayam plus bakso saja. Meskipun menunya sedikit, akan tetapi cita rasa bakso yang daging banget, gurih, padat membuat bakso ini digilai banyak orang. Selain makan di tempat atau untuk take away, bakso Sony juga menyediakan Frozen food berupa bakso plus bumbu kuah serta ragam pempek plus cukonya. Ragam Frozen food yang ditawarkan Bakso Sony ini juga digandrungi terutama masyarakat dari luar kota Bandar Lampung.

Meskipun kuliner bakso bukan kuliner khas dan secara umum ada di daerah daerah lain. Namun Bakso Sony mampu mengukuhkan eksistensi nya sebagai salah satu kuliner Lampung yang diminati hingga kini.

Mengapa ya bakso Sony diminati dan jadi salah satu kuliner legendaris di Lampung? Nanti akan saya bahas di postingan berikutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...