Rabu, 01 Maret 2023

Rekomendasi Pempek Enak di Palembang

 


Sudah lama tidak berkunjung ke Palembang,  terakhir berkunjung kurang lebih lima tahun lalu. Tapi suasana Palembang masih terngiang hingga kini: Suasana Sungai Musi yang sibuk di siang hari, Jembatan Ampera yang gagah berdiri, Masjid Agung, beberapa museumDan yang paling susah dilupakan adalah nikmatnya Pempek Palembang yang masih terkenang hingga kini.

Sebagai orang Lampung, salah satu makanan yang dekat dengan keseharian adalah pempek. Makanya jangan heran juga kalau ada Pempek Lampung yang dikenal khalayak dan kerap dijadikan oleh-oleh para pelancong. Karena keseharian dekat dengan Pempek, saat ke Palembang makanan yang dituju untuk dicobain adalah Pempek.

Maka berkeliling lah saya mencoba Pempek Palembang mulai dari yang terkenal, coba di pinggir jalan, hingga yang enak tapi harganya murah meriah. Perjalanan dimulai dari kedai pempek satu ke kedai pempek yang lain.

  • Pempek Vico

Tahu pempek ini dari review di google map, kami sengaja cari pempek yang dekat dengan hotel kami menginap. Menurut review yang saya baca, pempek di Pempek Vico ini rasanya enak meskipun pelayanannya kurang. Tapi demi menebus rasa penasaran, saya berkunjung ke pempek ini.

Waktu masih menjelang siang. Suasana tempat makan sudah sangat ramai. Banyak yang makan ditempat hingga tiada kursi yang tersisa. Saya agak kebingungan untuk cari kursi, tanya ke pelayan yang bertugas dicuekin. Mau meninggalkan begitu saja sudah terlanjur ke sini.

Akhirnya ada pengunjung yang selesai dan meninggalkan meja, saya dan beberapa teman langsung duduk dan memesan beberapa Pempek termasuk juga memesan es kacang merah. Menurut saya pempeknya cukup enak, yang paling enak menurut saya adalah Pempek kulit. Tapi karena pelayanannya kurang dan terkesan dicuekin, saya memilih untuk tidak datang lagi. Apalagi di Palembang, banyak jenis pempek enak yang bisa dicoba.

Score keseluruhan 7/10

  • Pempek Raden

Salah satu pempek enak yang ada di Palembang menurut banyak review adalah Pempek Raden. Saya berkunjung ke Pempek Raden samping Transmart. Di sini pempek nya lengkap, termasuk ada pempek pistel yang jarang diketahui. Pempek pistel adalah pempek dengan isian tumis pepaya di dalamnya.

Kami memesan beberapa pempek. Rasanya enak hanya cukonya saja yang kurang sesuai. Sayangnya pelayanan di sini juga masih kurang.  Kesan pertama tidak terlalu wow jadi kalau ke Palembang lagi belum tentu akan datang lagi.

Score Keseluruhan 6.5/10

  • Pempek Candy

Sudah termashyur khalayak kalau Pempek Candy adalah pemimpin pasar pempek terutama untuk oleh-oleh. Kalau menyebut Pempek Palembang yang terngiang di kepala pertama kali adalah Pempek Candy.

Saya berkunjung ke salah satu restoran lupa yang mana. Namun yg jelas saat masuk kami disambut salah satu karyawan kemudian boleh melihat dan memilih pemoek yang disajikan secara prasmanan. Secara tempat, restoran Pempek Candy rapi, bersih, dan sedap dipandang. Untuk pelayanan juga bagus, ramah dan nggak judes. Soal rasa pempek, Pempek Candy tuh juaranya. Semua makanan yang terhidang semuanya enaak.

Kalau berkesempatan ke Palembang lagi, saya pasti akan datang ke Pempek Candy.

Score Keseluruhan 10/10.

  • Pempek Lala

Ini adalah pempek enak namun harganya terjangkau. Terletak di Pusatnya Pempek Palembang yang berdekatan dengan Sungai Musi harga pempek nya sekitar seribu hingga duaribu. Soal rasa lumayan enak dan bisa kalap makan di sini karena terjangkau sekali. Soal pelayanan, karyawannya sat set, cepat dan tanggap

Score keseluruhan 8/10

Pempek di Perahu Sungai Musi

Kala malam, di pinggir Sungai Musi terdapat banyak perahu bersandar dan dijadikan kafe ala ala. Kalian bisa pesan makanan, minuman dan menikmatinya di atas perahu dengan pemandangan Jembatan Ampera.

Saya mencoba beberapa pempek di sini. Soal rasa, ya jauh sih dengan pempek sebelumnya. Namun untuk tempat nongkrong bareng teman pasti dijamin seru banget apalagi viewnya adalah Jembatan Ampera.

Scores keseluruhan 7/10

***

Banyak sebenarnya kedai Pempek Palembang, hanya karena keterbatasan waktu jadi saya hanya dapat menikmati beberapa yang terkenal di atas. Soal rasa tergantung selera ya dan score juga berdasarkan selera pribadi yang tidak hanya mencakup soal makanan tapi juga pelayanan, tempat dan lainnya.

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk Tukoni: Pahlawan UMKM di Masa Pandemi

  Yogyakarta Salah satu tempat yang pah papah selalu ingin kunjungi adalah Yogyakarta. Entah kenapa ketika baru menginjakkan kaki di tanah Y...